Bupati Pasaman Ziarah Makam Tuanku Imam Bonjol

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Bupati Pasaman H Yusuf Lubis, dalam rangka kunjungan kerja ziarah kemakam Pahlawan Nasional yang berasal dari Bonjol Kabupaten Pssaman Sumatera Barat yaitu Tuanku Imam Bonjol di Sulawesi Utara. Jum'at (06/07/2018)

Yusuf Lubis, mengatakan kepada petugas penjaga makam, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengucapkan terimasih banyak yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu yang menjaga dan merawat makam tuanku imam bonjol, supaya kedepannya lebih ditingkatkan lagi untuk kebersihannya, maupun melayani para ziarah dengan baik.

"Pemkab Pasaman akan mengkoordinasikan dengan Pemprov Sumbar dan Pemprov Sulawesi Utara untuk pengembangan makam Tuanku Imam Bonjol kedepannya," ungkapnya.

Penjaga makam Abdul Muthalib mengatakan tentang Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin Gelar dari Tuanku Imam Bonjol, beliau adalah salah satu Pahlawan Nasional yang lahir pada tahun 1774 di Tanjung Bungo, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumtera Barat.

"Tuanku Imam Bonjol, wafat pada 6 Nofember 1854 sebuah kota di Sulawesi Utara bernama Lota Minahasa dalam pengasingan Pemerintah Kolonial Belanda saat peperangan menantang penjajahan untuk kemerdekaan Tanah air ,Bangsa dan Negara," katanya.

Abdul Muthalib menyampaikan kepada Bupati Pasaman, "Dilokasi makam ada terdapat sebuah batu besar yang dulunya digunakan ulama untuk sholat dan bagi wisatawan yang ingin sholat ada sebuah mushola yang berada di ruangan sebelahnya," katanya.(Anto)

Berita Terbaru

Index Berita