Prof Joni Hermana: Strategi dan Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Revolusi Industri, Mahasiswa Mesti Kuasai Teknologi Terbaru

INDONESIASATU.CO.ID:

PADANG -- Rektor Institut Teknologi Sepuluh Sepuluh November, Surabaya, Prof Ir Joni Hermana, MSc, ES, PhD memberikan kuliah umum perdana mengawali Perkuliahan Semester Januari-Juni 2018 kepada 2000-an mahasiswa Universitas Negeri Padang, Senin (29/1) di Audtorium UNP.

Kuliah umum dengan tema "Strategi dan Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Revolosi Industri, Joni Hermana memaparkan mahasiswa Indonesia harus mempersiapkan diri menghadapi sektor manufaktur yang saat ini menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi industri keempat atau Industry 4.0. Konsekuensinya, pendekatan dan kemampuan baru untuk membangun sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan membutuhkan calon angkatan kerja Indonesia yang giat belajar dan meningkatkan keterampilannya untuk memahami penggunaan teknologi internet.

Dalam paparanya Joni Hermana menjelaskan, pada tahun 2019 Indonesia membutuhkan satu juta orang tenaga kerja terampil yang siap pakai di dunia industri, tentu mereka yang mampu memanfaatkan teknologi digital, atau mereka yang menguasai Big Data yang diserap di dunia kerja.

Adapun yang telah memasuki era Industry 4.0, di antaranya industri semen, petrokimia, otomotif, serta makanan dan minuman, sementara di industri otomotif, dalam proses produksinya sudah menggunakan sistem robotic. Bahkan Rektor ITS ini mengungkapkan mahasiswa zaman now berperan penting dalam membangun negeri, “Mahasiswa dituntut untuk terbuka akan wawasan global serta memiliki kecakapan keprofesian dan sosial,” ungkap guru besar Teknik Lingkungan ITS ini kepada 2000-an mahasiswa yang memadati Audtorium UNP itu.

Pada kesempatan itu, Joni Hermana yang menjadi orang nomor satu di civitas academika ITS hingga 2019 itu juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa UNP untuk menggiatkan diri agar memiliki wawasan tentang teknologi terbaru. Dipenghujung paparanya, Prof Joni Hermana juga mengaitkan kelilmuan dengan keislaman, bahkan ia melansir ucapan sahabat nabi Muhammad SAW yakni Ali Bin Abi Thalib, barang siapa bersanda pada harta, ia akan miskin, barang siapa bersandar pada harga diri, ia akan hina, barang siapa bersandar pada akalnya , ia akan tersesat. Namun, barang siapa bersandar pada Allah SWT, sesungguhnya, ia tak akan pernah miskin, hina dan sesat. 

Sebelumnya Rektor UNP, Prog Ganefri, PhD dalam sambutanya juga mengajak para mahasiswa yang hadir untuk memiliki wawasan tentang teknologi terbaru, dimana sebelumnya telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara UNP dan ITS. Dikatakan Rektopr UNP, pihkanya selalu mencoba menggali potensi diantaranya melalui kuliah umum yang menghadirkan Rektor ITS itu.

Sesi tanya jawab, juga diberikan kesempatan kepada peserta yang hadir, mengakhiri kuliah umum bersama Prof Joni Hermana ini penyerahan cenderamata oleh Rektor UNP, Prof ganefri, PhD yang didampingi Wakil Rektor 3 dan 4, Prof Ardipal dan Prof Syahrial Bakhtiar (Humas UNP)

Index Berita