Rumah Sakit Unair Gelar Pemeriksaan Gratis Virus Corona Melalui Beberapa Kriteria

indonesiasatu, 17 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SURABAYA - Sesuai dengan araham Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani beberapa waktu lalu maka saat ini Masyarakat sudah bisa menjalani pemeriksaan Corona (COVID - 19) secara gratis di Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

Dalam layanan gratis tersebut, tidak semua pasien memanfaatkan pemeriksaan secara gratis.

Prof. Dr. Nasronudin Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengatakan, ada beberapa kriteria tertentu yang bisa mengikuti pemeriksaan gratis.

Yakni diantaranya : pasien dikhususkan untuk warga Surabaya yang mempunyai KTP Surabaya, mempunyai riwayat kontak dengan penderita positif corona, memiliki riwayat berpergian atau pulang dari negara terjangkit, dan ada keluhan ataupun gejala corona.

Dan selanjutnya juga, merupakan kriteria Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Pasien kriteria seperti itu mengalami gejala pernapasan, dan saat difoto thorax ada radang paru-paru. PDP akan menjalani swab dan rawat inap di rumah sakit secara gratis.

“ Sehingga tidak semua Masyarakat serta merta bisa mendapatkan penanganan gratis. Jadi, melalui beberapa kriteria. Mulai administrasi, lalu di screening, kemudian ditetapkan statusnya masuk ODP atau PDP,” Demikian dikatakan oleh Prof Nasronudin, Senin (16/3/2020).

Oleh karena itu, ada penawaran kesepakatan dengan masyarakat (pasien) apabila masuk ODP terlebih dahulu ditawarkan mau observasi mandiri di rumah atau observasi di rumah sakit. 

Akan tetapi kalau PDP memang kita anjurkan untuk rawat inap untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut.

Dan apabila ada Masyarakat yang berkeinginan untuk melakukan pemeriksaan diri dengan biaya mandiri kami persilahkan. Akan tetapi dengan biaya mandiri Ini harus disertai dengan adanya surat pernyataan bahwa sanggup saat pemeriksaan corona dibayar oleh yang bersangkutan.

Sementara bagi pasien rawat jalan yang tidak perlu melakukan swab, tapi ingin melakukan mandiri atau biaya sendiri, kami persilahkan. Karena ITD sudah diakui untuk melakukan swab tersebut,”bebernya.(Jon) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami