Seminar Internasional, 4th Industrial Revolution and Safety Engineering, Dr. Danto Sukmajati: Teknologi Menghilangkan Banyak Profesi

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA - Revolusi Industri ke 4 yang ditandai dengan Industri dan Bisnis yang didukung oleh Internet of Thing (IoT) sebagai teknologi enabler telah menghilangkan banyak profesi atau pekerjaan.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Ir. Danto Sukmajati, Ph.D, Dekan FT Univ. Mercu Buana Jakarta pada Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Mesin, Fakultas Teknik Univ. Mercu Buana dengan Tema, 4th Industrial Revolution & Safety Engineering di Aula Kampus Kranggan Bekasi Jawa Barat, (25 Nov.2017).

"Saat ini petugas gerbang tol sudah diganti oleh Gerbang Tol Otomatis, di dunia perbankan para teller sudah lama digantikan oleh ATM dan Mobile and Internet Banking, Mal-mal dan Supermarket sudah dikalahkan oleh Onlineshop, dan bahkan guru dan dosen harus siap-siap untuk digantikan oleh aplikasi tutorial," jelas Danto dihadapan 700 lebih audiens yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Selanjutnya Danto juga menjelaskan bahwa mahasiswa sebagai generasi "jaman now" harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan teknologi berbasis IoT yang susah untuk diprediksi.

"Lulusan perguruan tinggi saat ini tidak hanya bersaing dengan lulusan yang sama dengan perguruan tinggi lain tapi juga dengan apliksi teknologi "jaman now" yang berbasis IoT yang kehadirannya," ungkap Danto.

Hadir pada seminar internasional ini, Prof. DR. Abdul Muthalib Leman dari UTHM, Malaysia, Dr. Gama Widya Putra dari HSSE Pertamina Persero, Dr. Willy Sulistyo, Direktur Imstitut Otomotif Indonesia.