Sosialisasikan Budaya Membaca, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Rangkul Anak-anak Binaan Rumah Penyuluhan Kreatif

INDONESIASATU.CO.ID:

Pondok Labu, Jakarta – Mahasiswa Universitas Mercu Buana menyosialisasikan pentingnya membaca di Rumah Penyuluhan Kreatif, sebuah tempat binaan masyarakat marjinal yang terletak di Jalan Pinang Kalijati Bawah, Pondok Labu, Jakarta Selatan pada Minggu, 8 Juli 2018. Ini merupakan implementasi mata kuliah Kuliah Peduli Negeri (KPN) yang mengedepankan keterampilan komunikasi dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, agama, dan etika di kalangan mahasiswa.

Bertajuk “Menggalakan Budaya Literasi untuk Mencetak Generasi Muda yang Cerdas dan Berbakat”, kegiatan ini digawangi oleh sekelompok mahasiswa jurusan Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, yang membentuk kelompok bernama Komunitas #SalamBuku, yang terdiri dari Agritasya Rizky, Fauziah Purwanti, Henda Cakra, Parikesit, Yulia Nur Rahmah, dan Zulviana Oriza Nuciferas. Adapun aktivitasnya memberikan sosialisasi budaya membaca ke anak-anak yang tinggal di permukiman lapak pemulung di kawasan tersebut.

Fauziah Purwanti selaku ketua penyelenggara acara menyampaikan bahwa pengenalan buku sejak dini akan menumbuhkan kesadaran anak-anak untuk gemar membaca. Oleh karena itu, selain memberikan materi sosialisasi pentingnya membaca, Komunitas #SalamBuku juga menyalurkan buku-buku hasil donasi masyarakat. Buku yang diberikan diantaranya buku cerita anak-anak, pengayaan umum, dan buku bertemakan budaya yang dirasa berguna untuk menambah wawasan dan imajinasi mereka untuk berpikir kreatif.

“Ini merupakan sumbangsih kecil kami untuk anak-anak agar lebih gemar membaca. Apalagi budaya membaca juga masih rendah di Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak di Rumah PenyuluhanKreatif. Peserta kurang lebih 25 anak dari rentang usia 6 hingga 13 tahun. Sejak acara di mulai, mereka antusias membaca buku dan menceritakan ulang tentag cerita yang dibacakan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan anak-anak binaan Rumah Penyuluhan Kreatif menjadi gemar membaca dan memahami pentingnya membaca buku sebagai bagian dari masa depan kelak.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita