9 Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

    9 Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

    JAKARTA - Aki mobil merupakan komponen penting pada mobil yang mendukung sistem kelistrikan. Karena itu, ketika mobilmu tidak dapat dinyalakan dan kamu membawanya ke bengkel, maka mekanik terlebih dahulu akan memeriksa bagian aki.

    Jadi, cara merawat aki mobil sangatlah penting jika kamu ingin kendaraanmu dapat berjalan dengan baik terutama di bagian-bagian yang berkaitan langsung dengan sistem kelistrikan, antara lain pada lampu mobil, mesin, audio, juga fitur lainnya.

    Tim wartawan kami telah mendapatkan narasumber Helda Sihombing selaku content manager dari Otoklix, sebuah startup company yang menghubungkan antara pengguna otomotif roda empat dengan penyedia jasa.

    “Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil agar tetap awet dan tidak mudah soak atau sering dikatakan dengan istilah aki tekor. Oleh sebab itu, kita akan membahasnya pada artikel kali ini, supaya kamu tidak sekedar mengendarai mobil terus-menerus saja, tetapi juga peka terhadap kondisi aki mobilmu.” Ucap Helda saat ditemui di kantor pusat otoklix.

    Pahami 9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Awet Jangka Panjang

     

    1. Memeriksa Kondisi Aki Mobil Secara Rutin

    Cara merawat aki mobil yang paling utama harus diterapkan tentunya adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki mobil secara berkala sesuai penggunaan kendaraan.

    Kamu bisa menggunakan alat Battery Load Tester untuk membantu kamu mengetahui jumlah besaran indikator pada aki mobil tersebut. Sedangkan, pada jenis aki basah, kamu hanya perlu melihat dan memastikan cairan elektrolit masih berada dalam takaran yang cukup. Kamu bisa segera melakukan pengisian ulang jika cairan tampak sudah hampir habis supaya aki mobil tidak tekor.

    1. Lakukan Pengecekan Terhadap Terminal Aki Mobil

    Terminal pada aki mobil merupakan komponen penghubung di antara kutub negatif dan kutub positif. Namun, seringkali bagian ini paling mudah terkontaminasi oleh jamur, bakteri, dan virus melalui berbagai benda asing yang konon menempel pada tiap sisi terminal. Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi kondisi aki menjadi lebih rentan rusak.

    Cara merawat aki mobil agar terminal aki tetap dalam kondisi baik yaitu kamu harus melakukan pembersihan secara berkala pada komponen yang satu ini. Lakukan dengan menyiapkan air panas yang dalam suatu wadah, kemudian menggosok bagian sisi aki menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang melekat.

    Selain itu, bagian terminal juga bisa jadi tidak berfungsi dengan baik karena adanya pengenduran pada bautnya. Sehingga harus diketatkan kembali atau bila perlu mengganti bautnya dengan yang baru.

    1. Panaskan Mobil Dengan Rutin Meski Tidak Digunakan

    Pemikiran yang salah jika menganggap mobil yang jarang dipakai secara otomatis membuat aki mobil tetap awet. Sebaliknya, Mobil yang jarang digunakan dapat menyebabkan aki mudah soak apabila tidak dipanaskan hingga berhari-hari lamanya. Karena itu, selalu ingat untuk memanaskan mesin mobil sekitar 10-15 menit saja ketika mobil sama sekali tidak digunakan.

    1. Lepaskan Sambungan Kabel Aki Mobil Ketika Akan Meninggalkan Mobil Dalam Waktu yang Lama

    Petunjuk ini berkaitan dengan cara merawat aki mobil yang sebelumnya. Karena aki mobil mudah soak jika mesin mobil tidak dipanaskan dengan rutin, maka ketika kamu berencana akan bepergian dalam waktu yang lama dan meninggalkan mobil tersebut, jangan lupa untuk melepaskan kabel aki agar aki mobil dapat tetap awet digunakan.

    1. Hindari Penggunaan Aksesoris Listrik yang Tidak Perlu

    Terlalu banyak aksesoris yang terpasang pada mobil sebenarnya membuat aki bekerja lebih keras sehingga rentan menjadi soak. Ketika kamu mengisi bahan bakar dan penggunaannya lebih cepat habis dibanding biasanya, maka hal itu bisa jadi merupakan indikasi adanya gangguan pada daya pengisian bahan bakar yang mengarah pada kondisi aki mobil.

    Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa mencoba melepaskan kutub negatif pada aki ketika mobil dalam keadaan hidup. Nah, apabila mesin seketika menjadi mati, dapat dipastikan bahwa kondisi aki sedang bermasalah.

    1. Jangan Sambungkan perangkat Listrik Jika Mobil Dalam Keadaan Tidak Menyala

    Berhubung perangkat listrik sangat mempengaruhi daya kinerja aki mobil, maka cara merawat aki mobil yang penting untuk diingat adalah melepaskan sambungan tersebut jika mobil sedang tidak digunakan.

    Perangkat listrik yang paling sering dinyalakan pada mobil umumnya seperti AC, radio, TV, dan juga lampu. Jadi, ingatlah selalu untuk melepaskan sambungan perangkat tersebut jika  mesin mobil kamu sedang dalam kondisi mati.

    1. Hindari Kebiasaan yang Dapat Merusak Aki Mobil

    Cara merawat aki mobil yang pasti wajib untuk diingat adalah dengan tidak melakukan kebiasaan apapun di dalam mobil yang dapat berpengaruh buruk terhadap keawetan aki mobil.

    Salah satu kebiasaan yang sangat rentan menjadi penyebab aki mobil tekor adalah ketika kamu menyalakan AC mobil bahkan juga radio dalam kondisi mesin mobil mati padahal kunci kontak dibiarkan dalam kondisi on. Oleh sebab itu, sebaliknya daripada menyalakan AC, kamu dapat membuka jendela mobil ketika mobil sedang berhenti dan mesin tidak menyala.

    Meski kamu sudah tahu bagaimana cara merawat aki mobil, kondisi aki tentu tidak mungkin juga akan bertahan dan awet selamanya, bukan? Nah, ketika aki mobil kamu memang sudah tidak dapat digunakan sama sekali alias tekor, segeralah menggantinya dengan aki baru atau membawanya ke bengkel jika kamu tidak dapat melakukannya sendiri.

    Jika kamu sulit menjangkau bengkel mobil langgananmu, di Otoklix kamu bisa menemukan bengkel terdekat melalui pencarian bengkel mobil terdekat dari lokasi saya dan pastikan kamu sudah menyalakan fitur GPS untuk hasil yang akurat.

    Jangan khawatir, mitra bengkel pilihan di Otoklix sudah terjamin kualitas pelayanannya serta ditangani oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Selain ganti aki mobil, perawatan mobil lainnya seperti service, ganti oli mobil, ban mobil, hingga perbaikan skala besar juga bisa lho!

    Ikuti Program Gratis Ganti Oli Setahun dari Otoklix

    Demi meningkatkan layanan serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru yakni www.otoklix.com. Pembaruan website Otoklix ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content.

    Untuk merayakan hadirnya website baru Otoklix ini, perusahaan mengadakan promo GoGoKlix, yaitu Gratis Ganti Oli by Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix berkesempatan mendapatkan gratis ganti oli selama satu tahun. (Adv)

    Aki Mobil
    Justisia

    Justisia

    Artikel Sebelumnya

    Dirjen Perdagangan Rangkap Jabatan, Ada...

    Artikel Berikutnya

    Agung Laksono Mulai Angkat Jempol pada Agus...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Sumarno

    Sumarno verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Jan 15, 2022

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Jan 16, 2022

    Aa Ruslan Sutisna

    Aa Ruslan Sutisna verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 2

    Registered: Jan 21, 2022

    Yandi Arief

    Yandi Arief verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Sep 5, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Mahasiswa ITS Gagas Rompi Detektor Serangan Jantung Koroner
    Ini Perbedaan Teknik Geomatika dan Teknik Geofisika ITS
    ITS Sosialisasikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru
    Sosiolog UNAIR Paparkan Akar Berbagai Tradisi Saat Lebaran

    Follow Us

    Recommended Posts

    Prof Widodo Ditetapkan Sebagai Rektor UB 
    Universitas Brawijaya Bersiap Memilih Rektor 
    10 Profesor, 3 Rektor, Hadir dalam Halal Bi Halal Forum Komunikasi Guru Besar dan Dosen Putera Puteri Brebes
    Bupati Pasuruan Angkat Tema Kopi dalam Disertasinya 
    UTBK di UB Diikuti Tujuh Peserta Difabel