Desa Binaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Masuk dalam Desa Berinovasi

Desa Binaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Masuk dalam Desa Berinovasi
Tim Program Desa Berinovasi UNG

GORONTALO - Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula menjadi salah satu Desa Inovasi yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin pada peluncuran program Desa Berinovasi. Peluncuran Desa Berinovasi  yang merupakan kerjasma Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dilakukan dalam rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Senin (10/8), .

Dalam sambutannya Wapres RI berharap langkah Desa Berinovasi menjadi salah satu cara, dalam mendorong budaya inovasi di Desa-desa dan masyarakat pada umumnya. Inovasi kata Wapres, merupakan solusi permasalahan bangsa, yang dapat meningkatkan daya saing, kemandirian serta pertumbuhan ekonomi.

"Semakin banyak yang berinovasi terutama ditingkatkan Desa, maka semakin baik bagi perekonomian Indonesia. Tunjukan keterbatasan saraba dan prasarana di Desa bukan menjadi halangan untuk berkarya dan berinovasi demi kesejahteraan masyarakat, " ujarnya.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menuturkan, Desa Berinovasi merupakan salah satu program kerjasama lintas Kementerian antara Kemristek Brin dan Kemendes PDTT. Mendes PDTT mengaku tersanjung dengan Kemenristek, karena meskipun saat banyak berkecimpung dengan Teknologi tinggi masih memikirkan Desa-Desa yang jauh dari jangkauan melalui program Desa Berinovasi.

Sementara itu Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, mengatakan dalam program Desa Berinovasi, Desa Binaan UNG yakni Dusun Tumba Desa Tamaila Utara ditetapkan sebagai Desa Inovasi. Dusun Tumba Desa Tamaila Utara menjadi program inovasi berbasis perdesaan yang dibina Universitas Negeri Gorontalo. Program inovasi ini kolaborasi dari berbagai lembaga seperti GEF Indonesia, UNG, UNDP dan banyak lembaga. Selain itu Program ini disupport langsung oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kemenristek BRIN, dan Bakti.

Menurut Rektor, Dusun Tumba berada di daerah pedalaman yang tidak ada aliran listrik dan sinyal telepon khususnya internet. "Namun berkat semangat dalam berinovasi, masyarakat didampingi UNG dengan segala keterbatasannya berupaya memenuhi kebutuhan listrik menggunakan alat Pico Hydro dan internet yang saat ini sudah ada di Desa Tersebut, " ujar Rektor. (ung.ac.id)

UNG Gorontalo
UNG Gorontalo

UNG Gorontalo

PPDM UNG Gorontalo Edukasi Masyarakat Desa Iluta Manfaatkan Gulma Enceng Gondok Previous Article

PPDM UNG Gorontalo Edukasi Masyarakat Desa Iluta Manfaatkan...

Prof. Dr. Ir. Eddy Ariyono Subroto: Petroleum Itu Tidak Hanya Minyak Bumi tetapi Bisa Jadi Minyak Bumi Next Article

Prof. Dr. Ir. Eddy Ariyono Subroto: Petroleum Itu...

Related Posts

Recommended Posts

STKIP PGRI Sumatera Barat: Webinar Semandik 2020 Pendidikan Matematika
Politeknik STMI Jakarta: Wisuda  Sarjana Terapan Ke XLVI
Webinar Ilmu Pendidikan: Problematika Pendidikan Indonesia & Isu Pedagogi Baru Abad Ke-21
Webinar Esports STAN - Membangun Ekosistem Esports di Kampus
Orasi Ilmiah Guru Besar IPB University 28 November 2020

Random Posts