Gubernur Sumsel, Herman Deru, Motivasi Mahasiswa UT-Ponpes Ar Rahman Untuk Bentuk Pemuda Berprestasi

Gubernur Sumsel, Herman Deru, Motivasi Mahasiswa UT-Ponpes Ar Rahman Untuk Bentuk Pemuda Berprestasi

PALEMBANG - Kuliah umum Gubernur Sumsel, Herman Deru (HD) kepada mahasiswa program studi ilmu pemerintahan Universitas Terbuka (UT), diselenggarakan oleh Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Ar Rahman  di Kampus Ponpes Ar Rahman, Selasa (6/10/2020).

Kuliah umum tersebut dengan mengusung tema "Pemberdayaan Pemuda Melalui karya inovatif, kreatif, dan berprestasi dalam mendukung program pemerintah Provinsi Sumsel" .

Dalam kesempatan itu, HD mengapresiasi atas kerjasama antara UT, Pergunu dan Ar Rahman dalam penyelenggaraan pendidikan. Menurutnya hal ini dapat menjadi wadah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang merata disetiap daerahnya.

Hari ini sengaja hadir di Ponpes ini, yang memiliki jenjang pendidikan dari PAUD  hingga perguruan tinggi. Istimewanya disini juga memiliki pusat rehabilitasi yang tinggi bahkan di mancanegara.

"Dimana juga sedang dilakukan permohonan perizinan ke kemekumham dan ini akan kita dorong, " ujarnya

Menurut HD, Pola KBM yang ada di UT sejak lama telah menerapkan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Namun hal tersebut tentu harus terus ditingkatkan lagi untuk terus menjadi lebih baik lagi.

"Hari ini saya juga berikan kuliah umum tentang manfaat mahasiswa kuliah untuk apa. Secara umum saya sampaikan bahwa kita butuh jati diri, ciri khas Sumsel bahwa kita tenanan yairu nianan. Dimana kita harus mengerjakan sesuatu dengan nianan (sungguh-sungguh), " ungkapnya

HD mengatakan bahwa setiap jenjang pendidikan ada pertanggung jawaban. Bahwa mendapatkan pendidikan adalah untuk menjadi bermanfaat bagi sesama dan memiliki peran di masyarakat.

"Disamping pendidikan kita juga harus memiliki keberanian dalam jalan yang benar, keseriusan, dan mengenal diri dengan baik. Selain itu menerapkan konsisten, konsekuen  dan speed dalam lengkah-langkah kehidupan yang akan kita ambil, " katanya.

HD menjelaskan seseorang setidaknya harus konsisten dan konseskuen dalam bidang yang digelutinya. Karena konsekuen akan memberikan citra yang baik sehingga dapat diterima di lingkungan manapun.

Kemudian saat ini setiap individu juga dituntut cepat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Dimana kecepatan dapat diperoleh dengan komunikasi yaang dibentuk melalui skap yang mudah bergaul dengan siapapun.

Pembina yayasan Ar Rahman H. M. Sukarman Dewhana, menjelaskan ponpes ada 4 kegiatan, yaitu membesarkan Ar Rahman berdiri sejak 2000 dimulai dari TK, Ibtidaiyah, Tsanamiyah, Madrasah, dan tahun ini didirikan perguruan tinggi.

Rehabilitasi narkoba Ar Rahman, terbaik di Indonesia satu-satunya panti yang mengelola anak sekolah yang kecanduan narkoba. Dan Panti asuhan Ar Rahman, dan majlis zikir Ar Rahman.

Selain itu, acara ini dilanjutkan dengan peninjauan dan peresmian perumahan guru-guru Pondok Pesantren dan peletakan batu pertama kelanjutan pembangunan gedung kuliah Ar Rahman.

Sekaligus peresmian program tahfidzul Quran berbasis IT Madrasah Tsanawiyah Ponpes Ar Rahman Palembang oleh Gubernur HD.

Turut hadir Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dr H Akhmad Najib SH, M.Hum., Kadispora, Drs. H. Akhmad Yusuf Wibowo, M.Si., Karo Umum dan Perlengkapan, Drs. H. Abdul Hamid, M.Si., Kadisdik, Drs H Riza Fahlevi MM. (***)

SUMSEL
WartaKampus.com

WartaKampus.com

Sekjen Kemendikbud Lantik Prof. Dr. Herri, MBA sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah X Previous Article

Sekjen Kemendikbud Lantik Prof. Dr. Herri, MBA sebagai...

Wakil Gubernur Idris Rahim Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus UBM Gorontalo Next Article

Wakil Gubernur Idris Rahim Letakkan Batu Pertama Pembangunan...

Related Posts

Recommended Posts

STKIP PGRI Sumatera Barat: Webinar Semandik 2020 Pendidikan Matematika
Politeknik STMI Jakarta: Wisuda  Sarjana Terapan Ke XLVI
Webinar Ilmu Pendidikan: Problematika Pendidikan Indonesia & Isu Pedagogi Baru Abad Ke-21
Webinar Esports STAN - Membangun Ekosistem Esports di Kampus
Orasi Ilmiah Guru Besar IPB University 28 November 2020

Random Posts