ITB Berikan Beasiswa KIP-K dan Beasiswa UKT Bagi Mahasiswa Seleksi Mandiri

ITB Berikan Beasiswa KIP-K dan Beasiswa UKT Bagi Mahasiswa Seleksi Mandiri

BANDUNG - Insitut Teknologi Bandung telah menerima sebanyak 1.513 mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SM) tahun akademik 2020/2021. Berkaitan dengah hal tersebut, ITB memiliki kewajiban melayani calon mahasiswa pemegang KIP-K untuk menempuh studi di ITB.

Mahasiswa yang diterima baik lewat jalur seleksi mandiri, maupun SNMPTN dan SBMPTN, dapat menggunakan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) untuk mendapatkan UKT1. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki kartu KIP-K dan memenuhi syarat sebagai penerima KIP-K juga dapat mengajukan keringanan UKT.

Direktur Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung Dr. Techn. Ir. Arief Prasetyo mengatakan, sesuai Permendikbud No. 10 tahun 2020, syarat penerima KIP-K adalah pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4 juta atau pendapatan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga yang sedang menempuh pendidikan maksimal Rp 750 ribu.

"Mahasiswa pemegang KIP-K dan mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai penerima KIP-K yang telah diverifikasi oleh ITB akan diberikan Pembebasan Dana Pengembangan Institusi dan diberikan UKT1 atau UKT2, " ujarnya.

Penerimaan mahasiswa baru ITB jalur mandiri 2020 diprogramkan oleh ITB sebagai program nonsubsidi, namun demikian ITB secara mandiri dapat memberikan beasiswa UKT ITB kepada para calon mahasiswa baru ITB jalur penerimaan mandiri 2020. Namun demikian jumlah yang tersedia sangat terbatas. ITB pada tahun ini tidak memberikan keringanan terhadap Dana Pengembangan Institusi namun memberikan kesempatan untuk melakukan cicilan pembayaran UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi.

Mekanisme pendaftaran program di atas adalah calon mahasiswa diwajibkan mengisi informasi mengenai data ekonomi keluarga dan mengunggah hasil scan dokumen-dokumen berikut:

1) Kartu Keluarga ASLI

a) Kartu Keluarga harus mencantumkan nama calon mahasiswa.
b) Bila alamat tempat tinggal sebenarnya tidak sama dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga, calon mahasiswa dapat menyertakan Surat Keterangan Domisili dari RT/RW?bersama dengan Kartu Keluarga.
c) Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Kartu Keluarga, agar segera mengurus Kartu Keluarga dan wajib mengunggah dokumen tersebut paling lambat tanggal 30 September 2020.

2) Bukti Pembayaran Rekening Listrik, dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile sesuai petunjuk pada bagian penjelasan di tautan berikut ini. http://usm.itb.ac.id/pln_mobile.pdf

3) Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pribadi terakhir yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat bekerja, atau yang dikeluarkan oleh pemberi pekerjaan/RT/RW dengan menggunakan format yang disediakan ITB di tautan berikut ini. https://usm.itb.ac.id/Keterangan_Pendapatan.pdf

4) Dokumen Informasi Tempat Tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili, berupa SALAH SATU dari pilihan dokumen berikut:

a) Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terbaru yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), atau
b) Perjanjian/Kuitansi Pembayaran Kontrak/Sewa tempat tinggal, atau
c) Surat Keterangan Rumah Dinas dari instansi terkait, atau
d) Surat Keterangan Menumpang dari pemberi tumpangan.

5) Foto tempat tinggal, sesuai dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili.

6) Pengajuan cicilan harus dilengkapi dengan surat pernyataan dari orang tua/wali menggunakan format pada tautan berikut ini https://usm.itb.ac.id/Surat_Pernyataan_Orang_Tua_untuk_Pengajuan_Cicilan_UKT_ITB.pdf

7) Khusus bagi yang mengajukan beasiswa KIP-K atau mahasiswa yang memenuhi syarat penerima KIP-K selain syarat di atas, maka Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), bila ada.

a) Jika calon mahasiswa sudah memiliki?Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), KIP, KJP, KKS, SKTM, maka dapat menggunggah kartu/surat keterangan tersebut.

Finalisasi dokumen pendaftaran ulang tersebut wajib dilakukan paling lambat 4 September 2020 pukul 23:59 agar proses verifikasi oleh panitia dapat dilakukan.

Jika dokumen persyaratan di atas belum lengkap, maka dokumen persyaratan akan masih dapat diunggah hingga 10 September 2020 pukul 23:59, namun finalisasi tetap harus dilakukan sesuai jadwal. Pengunggahan kekurangan persyaratan akan dapat dilakukan setelah panitia melakukan verifikasi kelengkapan dokumen dan memastikan kekurangan dokumen yang dibutuhkan. Adapun untuk pengumumannya akan dilakukan pada tanggal 16 September 2020.

Informasi selengkapnya dapat lihat di tautan berikut: https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/9-event-berita/104-beasiswa-kip-k-dan-beasiswa-ukt-bagi-mahasiswa-baru-jalur-seleksi-mandiri. (itb.ac.id)

ITB Bandung
ITB Bandung

ITB Bandung

Previous Article

Tingkatkan Pengelolaan Perpustakaan, Universitas...

Next Article

SRE ITB Dapatkan Penghargaan Rekor MURI...

Related Posts

Peringkat

Profle

WartaKampus.com

Feri

Feri

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Apr 10, 2021

Fahrizal Siagian Siregar

Fahrizal Siagian Siregar

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Apr 7, 2021

Andi Gunawan riothallo

Andi Gunawan riothallo

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Apr 10, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Apr 8, 2021

Profle

Agung Libas

Himatika FMIPA Untad Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan
Mahasiswa UNNES Ajak Anak Muda Di Magelang Berwirausaha Dengan Meracik Kopi
124 Orang Angkatan 17 STAI Rokan Baganbatu Ikuti Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana
Wisuda ke-15, STIKES Syedza Dorong Lulusan Kerja di Luar Negeri
banner

Follow Us

Recommended Posts

Rektor UNDIP ingatkan Kampus Jadi Tempat Penyemaian Radikalisme
Menuju Surga Tidak Harus Mahal, Cukup dengan Sepasang Sendal
AMAN Berikan Santunan Anak Yatim
Rektor UNEJ Bebas Tugaskan Dosen RH Terjerat Kasus Pencabulan
Himatika FMIPA Untad Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan

Random Posts